[8elapan] Karedoks: Kareatif tapi Paradoks

•December 12, 2009 • Leave a Comment
Oke-oke, judulnya emang rada maksa. Ya uda lah ya.
Sekarang saatnya kita UAS!!! 😀
Kali ini tentang paradoks orang-orang kreatif.
Ada orang namanya Mihaly Csikszentmihalyi, yang nampaknya amat tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan sifat-sifat orang kreatif.
Si Mihaly ini Menyatakan 10 ada sikap paradoks yang dimiliki oleh orang-orang Kreatif.
Berikut ini adalah 10 sikap paradok yang dinyatakan oleh Mihaly disertai dengan analisis dan komentar saya:
1. Orang kreatif memiliki banyak energi fisik, tapi mereka juga sering tenang dan diam.
Di suatu waktu, Thomas Alfa Edison merupakan orang yang tidak kenal lelah dengan melakukan percobaan beribu-ribu kali banyaknya untuk mendapatkan hasil terbaik dari penemuannya.
Namun di satu waktu, Thomas Alva Edison diam dan berpikir tentang apa yang salah dalam menyempurnakan percobaan penemuannya.
2. Orang-orang kreatif cenderung pintar tapi naif pada saat yang sama.
Orang-orang yang kreatif kebanyakan adalah orang-orang yang naif.
Kenapa?
karena sifat naif dan kekanakan itulah yang membuat pikiran lebih lepas dan imajinasi bergerak lebih liar.
Berpikiran dewasa dan kolot justru akan menghambat suatu imajinasi dengan tutup botol bernama logika.
3. Kreatif menggabungkan main-main dan disiplin, atau tanggung jawab dan tanggung jawab.
Untuk yang satu ini kita bisa melihat ke Google sebagai contoh. Berikut adalah kantor dari Google:

Hmm.. terlihat seperti tempat bermain anak-anak bukan? Namun dari tempat bermain inilah beroperasi sebuah perusahaan yang dapat menghasilkan US$ 1 milyar per tahun.
Demikianlah cara orang kreatif bekerja. Mereka bekerja dengan cara bersenang-senang, namun tetap dapat produktif dan tidak lepas dari tanggung jawabnya.
4. Orang kreatif bergantian antara imajinasi dan fantasi, dan perasaan yang berakar dari realitas. Setiap orang bisa bermimpi dan berimajinasi. Tapi orang yang kreatif dapat menghubungkan imajinasi mereka dengan perasaan yang berakar dari realitas, sehingga kemudian dapat membuat imajinasi tersebut menjadi kenyataan.

5. Kecenderungan orang-orang kreatif untuk menjadi ekstrover dan introver.
Orang kreatif harus menjadi ekstrover untuk mengumpulkan ide-ide sebanyak mungkin dari apapun dan siapapun di sekitarnya. Namun terkadang mereka juga akan menjadi introver dan cuek terhadap sekitarnya untuk terlarut dalam imajinasi mereka yang liar dan mengembangkannya.


6. Orang kreatif rendah hati dan bangga pada saat yang sama.
Sebagaimana kata pepatah, semakin berisi, padi semakin merunduk.
Hal yang sama juga berlaku untuk orang-orang kreatif.
Semakin kreatif temuan mereka, tidak akan perlu lagi untuk menyombongkan diri karena orang-orang sudah mengapresiasi temuan mereka.

7. Orang kreatif, untuk suatu hal, melarikan diri stereotip peran gender yang kaku.
Orang kreatif gak akan mengenal batasan gender sama sekali.
Seperti seorang wanita yang suka memodifikasi sendiri mobilnya atau cowo yang menjadi juru masak, selama itu merupakan bidang mereka untuk berkreasi, maka tidak akan ada masalah.
Kreativitas adalah hal yang tidak dibatasi oleh sekedar jenis kelamin.
Individu yang kreatif lebih cenderung memiliki kekuatan tidak hanya dari gender mereka sendiri, tetapi orang-orang yang lain juga.

8. Orang kreatif baik memberontak dan konservatif.
Orang-orang kreatif dapat membuat sesuatu yang beda dan luar biasa dari hal yang konservatif.
Contohnya APIQ.
Matematika selama ini dikenal sebagai pelajaran yang konservatif. Dari dulu hasil dari 12 pangkat 3 adalah 1728, dan akan begitu seterusnya.
Namun dari sifat matematika yang konservatif tersebut, APIQ dapat memberikan metode-metode yang kreatif dan di luar kebiasaan dalam cara menghitung angka tersebut.

9. Kebanyakan orang-orang kreatif sangat bersemangat tentang pekerjaan mereka, namun mereka dapat sangat objektif tentang itu juga.
Tentu saja kita harus semangat dalam mengerjakan pekerjaan kita. Tanpa semangat, maka pekerjaan kita tidak akan selesai dengan hasil yang terbaik.
Namun sebagai orang kreatif, objektivitas dari pekerjaan juga penting. Mengapa? karena jika hanya dengan semangat dan tanpa objektivitas, kita akan merasa pekerjaan kita adalah yang terbaik, tanpa mau menerima saran dan kritik dari orang lain, sehingga kita akan dianggap tidak kredibel mengenai pekerjaan kita.

10. Orang kreatif keterbukaan dan kepekaan sering mengekspos mereka untuk penderitaan dan kesakitan, namun juga untuk banyak kenikmatan.
Pemikiran dari orang kreatif seringkali membuatnya dihargai sebagai orang yang luar biasa.
Namun terkadang ada kalanya orang kreatif merasa tidak dihargai karena orang-orang menganggap mereka orang yang aneh.
Pemikiran yang berbeda sering dianggap sebagai menyimpang oleh mayoritas, sehingga orang kreatif terkadang merasa terisolasi dan disalahpahami.
Advertisements

[Tujuh] You Have To Be Creative Enough To Join Them

•December 12, 2009 • Leave a Comment
Setiap tahun, majalah Business Week melakukan survei terhadap ribuan eksekutif tentang perusahaan paling inovatif di dunia menurut mereka.
Berikut 10 perusahaan paling inovatif tahun 2008 versi Business Week:
1. Apple
2. Google
3. Toyota Motor
4. General Electric
5. Microsoft
6. Tata Group
7. Nintendo
8. Procter & Gamble
9. Sony
10. Nokia

[Enam] Iseng Part I: VW vs Nissan

•October 19, 2009 • Leave a Comment

mana iklan yang lebih kreatif? vw ad

or

nissan-cops

?

[Lima] I Have An IDEO!

•October 19, 2009 • Leave a Comment

IDEO adalah sebuah perusahaan konsultasi desain dan inovasi yang didirikan pada tahun 1991 dan berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Apaan sih IDEO? Kenapa bahas perusahaan ga jelas gini?

Well, IDEO adalah salah satu perusahaan yang menurut gw salah satu yang paling spesial dan paling kreatif dan inovatif di dunia ini.

Hah, inovatif? kok di post lo yang nomer [Tiga] gada nama IDEO?

Justru itu hebatnya. Kesepuluh perusahaan tersebut ternyata adalah klien IDEO!

Wow. Melihat fakta di atas sepertinya memang pantas kalo IDEO dinobatkan menjadi perusahaan paling kreatif versi gw.

Terus bagaimana ya cara mereka mendapatkan ide-ide kreatif secara terus-menerus? Yuk, kita coba cari tau…

Cara bekerja suatu perusahaan ga akan pernah lepas dari visi dan misi yang telah mereka tetapkan di saat perusahaan tersebut didirikan.

IDEO ini mempunyai pemikiran dalam visi dan misinya bahwa kekuatan pemikiran desain untuk menciptakan perubahan sosial yang signifikan.

Sebagai contoh yang paling murni adalah pendekatan yang berpusat pada manusia, dampak sosial memobilisasi pemikiran desain sebagai alat untuk mengatasi masalah-masalah sosial global seperti kemiskinan, kesehatan, air, pemberdayaan ekonomi, akses ke jasa keuangan, dan kebutuhan pelayanan dasar.

Nah, dari pemikiran di atas, maka Tim Brown menciptakan apa yang disebut konsep Design Thinking.

Menurut Tim Brown, CEO dari IDEO, design thinking adalah suatu pendekatan yang menggunakan kepekaan desainer dan metode untuk pemecahan masalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam teknologi yang komersial dan layak jalan. Dengan kata lain, pemikiran desain adalah inovasi berpusat pada manusia.

Design Thinking

Design Thinking ala Tim Brown

Terus gimana sih cara mereka bekerja? Gimana cara mereka biar bisa terus mendapat ideo-ideo yang cemerlang?

Tom Kelley, General Manager dari IDEO, membagi The IDEO Process dalam 5 langkah:

1. Understand: Mengerti pasar, mengerti klien, mengerti teknologi dan mengerti kendala dalam menggabungkan ketiga aspek tersebut

2. Observe: Mengamati tentang segala masalah yang dihadapi, tentang hal-hal apa saja yang saat ini disukai dan tidak disukai? apa saja hal-hal yang saat ini belum memuaskan?

3. Visualize: Bagaimana IDEO mencari solusi dalam memecahkan permasalahan. Solusi-solusi tersebut lalu dirundingkan dan digambarkan dalam bentuk story board, lalu membuat prototype.

4. Evaluate & Refine: Membuat rencana dari prototype yang telah dibuat yang sekiranya dapat diimplementasikan.

5. Implement: Mengimplementasikan rencana prototype yang telah dibuat lalu dikomersilkan dan dipasarkan.

Menurut orang-orang yang kepala sebelah kanannya gede sebelah ini, desain adalah berantakan dan non-linier. Maka setiap proyek yang mereka lakukan adalah dipesan lebih dahulu dan menyesuaikannya untuk tantangan di tangan. Lalu langkah pertama dalam pembuatan desain tersebut adalah ketika  mulai mengambil bentuk, dimana kerjasama IDEO dengan klien dimulai.

IDEO mengacu pada pendekatan secara keseluruhan sebagai “pemikiran desain”: suatu cara pemecahan masalah yang menggunakan metodologi desain yang meliputi meliputi pengamatan, prototyping, bangunan, dan cerita, dan dapat diterapkan oleh berbagai orang untuk sebuah tantangan organisasi luas.

Pendekatan pemikiran desain ini dilakukan secara inheren dan bersama-sama dengan menyatukan orang-orang dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda. Dari sini maka IDEO dapat lebih efektif untuk mengeksplorasi ide-ide baru yang lebih berpusat pada manusia, yang lebih mampu akan dieksekusi, dan yang menghasilkan hasil baru yang berharga. Desain berpikir juga memungkinkan kita untuk secara kolektif mengatasi masalah dan ide-ide yang lebih kompleks dibandingkan hanya pemikiran dari seorang desainer atau dari satu disiplin ilmu saja.

Jadi, kunci dari bagaimana IDEO dapat menghasilkan ide-ide yang berkualitas adalah dengan berpikir secara inheren dan kolektif dengan menggabungkan berbagai disiplin ilmu yang berbeda untuk kemudian dikerucutkan menjadi suatu ide besar yang dapat diimplementasikan dengan baik.

So, get stuck? Think IDEO ways and you will got a brilliant IDEO!

Archimedes said EUREKA!!!

Archimedes said: "EUREKA!!!"

[Empat] In-no-(conser)vative

•October 13, 2009 • Leave a Comment

Definisi inovatif dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia hal.133 adalah sesuatu yang baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Jadi menurut kamus tersebut, orang yang inovatif adalah orang yang menemukan sesuatu yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Nah, dengan definisi tersebut, gw menobatkan penemuan berikut sebagai yang paling inovatif: API


Ini dia manusia paling inovatif

Ini dia manusia paling inovatif

Thomas Alfa Edison pasti tersinggung kalo gw nobatin siluman beruk di atas sebagai manusia paling inovatif. Tapi kenyataannya api adalah sebuah penemuan yang amat penting yang paling pertama bisa ditemukan. Bayangkan apa yang akan terjadi bila api tidak pernah ditemukan?

Mari kita bayangkan jika api tidak ditemukan.

-> Jika api tidak ditemukan, manusia purba tidak bisa makan daging hewan dengan cara yang sehat, sehingga akan cepat mati dan punah.

-> Oke, mereka bisa hidup dengan makan tumbuhan. Tapi otak mereka akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak. Jika otak mereka tidak berkembang, mereka tidak akan bisa mencapai kualitas kehidupan yang lebih tinggi dan akan tetap hidup dengan menggunakan batu kayak orang di bawah ini:

yabadabadoo...!!!

yabadabadoo...!!!

Dengan demikian, maka manusia tidak akan pernah melewati fase lithikum/zaman batu.

————————————————————————————————————-

==INTERMEZZO==

Sekedar pengingat pelajaran sejarah. Kehidupan masyarakat paling awal dibagi dalam 2 zaman:

A. Zaman Batu = Paleolithikum, Mesolithikum, Neolithikum, Megalithikum.

Api diperkirakan ditemukan pada fase paling awal yaitu Paleolithikum. Fase upper Paleolithikum atau zaman batu tua ini berlangsung selama 600 ribu tahun lamanya, antara 750 ribu hingga 50 ribu tahun yang lalu.

B. Zaman Logam

==INTERMEZZO selesai. Plis jangan tanya apa2 lagi tentang sejarah ke gw.==

————————————————————————————————————-

-> Nah, kalo jaman batu aja kagak lewat, gimana manusia mo beralih ke zaman logam?

-> Kalo kagak ada zaman logam, pegimane bisa beberapa abad kemaren si James Watt nemuin mesin uap?

->Kalo si James kagak nemuin mesin uap pegimane mo revolusi industri?

-> Kalo kagak revolusi industri, gimana manusia bisa semaju sekarang industrinya?

-> Kalo ga semaju sekarang industrinya, kita ga bakal hidup nyaman dengan laptop, handphone, mobil, dan segala peralatan inovatif lain yang menunjang kenyamanan hidup kita.

Nah, jadi bisa dibilang bahwa api merupakan mbah-nya segala inovasi!!

"yeah, i'm the wiz who found it"

[Tiga] Creative. A must?

•October 13, 2009 • Leave a Comment

Kenapa kreatif itu penting?

Pertama-tama mari kita telaah dulu arti kreatif.

Kreatif diambil dari bahasa inggris, yakni create (menciptakan) dan infiks if/(ive dalam bahasa inggris) yang berarti sifat.

Berarti kreatif adalah suatu sifat untuk menciptakan sesuatu.

Nah, kalo sifat kreatif itu ga ada, gimana segala sesuatu di dunia ini bisa tercipta?

Jadi, hasil terpenting dari kreativitas adalah eksistensi kita di dunia saat ini.

Selain itu, ada lagi beberapa alasan kenapa kita harus kreatif:

1. Kreatif bikin hidup lebih mudah. Tanpa adanya orang kreatif yang menciptakan berbagai penemuan kreatif yang penting, mungkin sampe saat ini kita masih hidup seperti di zaman batu!

2. Kreatif bikin kita lebih sehat. Karena kita bisa mencari seribu cara untuk menyenangkan diri kita sendiri maupun orang lain jika kita kreatif.

3. Kreatif bikin hidup lebih hidup. Tanpa menjadi kreatif, hidup kita hanyalah seperti robot yang artifisial dan tidak memiliki warna.

So, be creative!

[Dua] What’s In The Name?

•September 1, 2009 • Leave a Comment

M A R T I N   A R I A N E   W I B I S A N A

  • First name: MARTIN = Bentuk Inggris dari nama Latin Martinus. Berasal dari nama Mars, dewa perang Romawi. Terkadang digunakan sebagai penghormatan untuk seorang pemimpin hak sipil, Martin Luther King (1929-68).
Mars, God of War

Mars, God of War

  • Middle name: ARIANE = Kata bokap gue sih ni nama diambil dari sebuah marga roket. Heh? Roket punya marga? yup, that’s rite! Keluarga roket Ariane ini mempunyai 5 anggota, Ariane 1 ampe 5. Nah, mungkin yang menjadi inspirasi bokap gue adalah roket Ariane 4, roket tersebut meluncur dengan sukses pada 15 Juni 1988. Dan Alhamdulillah gue pun lahir dengan sukses setahun kemudian pada 15 Juni 1989! 😀 Mungkin bokap gue ngasi gue nama roket agar dalam hidup gue bisa melesat kencang dalam fokus tujuan bagaikan roket untuk dapat meraih semua apa yang gue cita-citakan (ngemeng gue udah kayak Mario Teguh aje.. Salam superr!!).

Ariane 4

  • Last name: WIBISANA = (Sanskerta: विभीषण, Vibhīshaṇa). Wibisana adalah sebuah tokoh protagonis alias baek dalam pewayangan Ramayana. Konon si Wibisana ini dilukiskan memiliki wajah yang tampan serta hati yang lembut dan amat bijaksana (terserah lo pada mo nganggep gue cocok ama deskripsi Wibisana ini pa kagak) dan selalu berada di jalan kebenaran. Dari penjelasan di atas udah cukup jelas kenapa bonyok gue ngasih nama ini sebagai last name gue. 😉
Wayang Raden Wibisana

Wayang Raden Wibisana

Selain interpretasi nama di atas, gw juga punya codename ketika gw diciptakan di sebuah laboratorium robot yang dirahasiakan alamat dan keberadaannnya. (bzz..bip..bip..)
M.A.R.T.I.NA.R.I.A.N.E.W.I.B.I.S.A.N.A